RSS

Clean, Green & Healthy (CGH)


Di Balikpapan, membuang sampah rumah tangga tidak bisa seenaknya sendiri. Ada Peraturan daerah yang mengatur tentang itu semua. Contohnya saja untuk membuang sampah tidak bisa sembarang waktu. Mambuangnya diperkenankan pada pukul 18.00-06.00, Hal ini untuk menghindari bau sampah yang menyengat ketika pagi dan siang hari.
Pengembangan Sistem Clean, Green & Healthy di RT 45 Kelurahan Sepinggan didasari atas beberapa pemikiran, antara lain:

1.    Keterbatasan luas lingkungan RT 45 kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan. Pemanfaatan lingkungan RT 45 terus tumbuh dan bersifat akseleratif untuk pembangunan berbagai fasilitas perkampuingan dilingkungan Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan, termasuk kemajuan teknologi, industry dan transfortasi, selain sering mengubah konfigurasi alami lahan/ bentang alam dilingkungan RT 45 di lain fihak kemajuan alat dan bertambahnya kendaraan dan system utilitas, juga telah menambah jumlah bahan pencemar dan telah menimbulkan berbagai ketidak nyamanan di lingkungan perkotaan. Untuk mengatasi kondisi lingkungan kota seperti ini sangat diperlukan Clean, Green and Healthy sebagai suatu teknik bioengineering dan bentukan biofilter yang relative lebih murah, aman, sehat dan menyamankan dilingkungan RT 45 kelurahan Sepinggan.

2.    Tata ruang RT 45 Kelurahan Sepinggan penting dalam usaha untuk efisiensi sumber daya kota dan juga efektifitas warga RT 45 dan warga sekitar RT 45 Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan, baik sumber daya alam maupun sumber daya lainnya. Ruang-ruang dilingkungan RT 45 yang ditata terkait dan saling berkesinambungan ini mempunyai berbagai pendekatan dalam perencanaan dan pembangunannya. Tata guna lahan, system transportasi dan system jaringan utilitas merupakan tiga faktor utama dalam menata ruang lingkungan RT 45 kelurahan sepinggan. Dalam perkembangan selanjutnya, konsep ruang RT 45 kelurahan sepinggan selain dikaitkan dengan permasalahan utama perkotaan di lingkungan kelurahan sepinggan yang akan dicari solusinya juga dikaitkan dengan pencapaian tujuan akhir dari suatu penataan ruang yaitu untuk kesejahteraan, kenyamanan serta kesehatan warga RT 45 dan warga sekitar RT 45 kelurahan Sepinggan.
3.    Clean, Green and Healthy lingkungan RT 45 kelurahan sepinggan mempunyai manfaat kehidupan yang tinggi. Berbagai fungsi yang terkait dengan keberadaannya (fungsi ekologis, sosial, ekonomi dan arsitektural) dan nilai estetika yang dimilikinya (obyek dan lingkungan) tidak hanya dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan untuk kelangsungan kehidupan lingkungan tetapi juga dapat menjadi nilai kebanggaan dan identitas kota. Untuk mendapatkan Clean, Green and Healthy yang fungsional dan estetik dalam suatu system perkotaan, maka luas minimal, pola dan struktur, serta bentuk dan distribusinya harus menjadi pertimbangan dalam membangun dan mengembangkannya. Karakter ekologis, kondisi dan keinginan warga RT 45 kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan, serta arah dan tujuan pembangunan dan perkembangan lingkungan kelurahan sepinggan merupakan determinan utama dalam menentukan besaran CLEAN, GREEN AND HEALTHY fungsional ini.

4.    Keberadaan Clean, Green And Healthy penting dalam mengendalikan dan memelihara integritas dan kualitas lingkungan RT 45 kelurahan Sepinggan. Pengendalian pembangunan wilayah kelurahan Sepinggan, dilakukan secara proporsional dan berada dalam keseimbangan antara pembangunan dan fungsi-fungsi lingkungan.

5.    Kelestarian Clean, Green and Healthy suatu wilayah lingkungan RT 45 kelurahan sepinggan disertai dengan ketersediaan dan seleksi tanaman yang sesuai dengan arah rencana dan rancangan Lurah Sepinggan.
 

A.   Definisi Clean, Green and Healthy

Clean, Green and Healthy RT 45 adalah bagian dari ruang-ruang terbuka suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh vegetasi guna mendukung manfaat langsung dan/ atau tidak langsung yang dihasilkan oleh Clean, Green and Healhty yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan dan keindahan wilayah RT 45 sepinggan.

B.   Kategorisasi CLEAN GREEN AND HEALTHY

Berdasarkan bobot kealamiannya, bentuk CLEAN GREEN AND HEALTHY dapat diklasifikasikan menjadi :

1.            Bentuk Clean, Green and Healthy RT 45 secara alami
2.                    Bentuk Clean, Green and Healthy RT 45 non alami
Berdasarkan sifat dan karakter ekologisnya diklasifikasikan menjadi :
1.            Clean, Green and Healthy berbentuk kawasan meliputi taman, lapangan olah raga.
2.                    Clean, Green and Healthy berbentuk tepi jalur jalan.

C.   Fungsi dan manfaat Clean, Green and Healthy RT 45

Clean, Green and Healthy RT 45 memiliki fungsi yang strategis. Fungsi Clean, Green and Healthy dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu :

a.    Fungsi utama (intrinsik) yaitu fungsi ekologis dan
b.    Fungsi tambahan(ekstrinsik) yaitu fungsi arsitektural, sosial dan fungsi ekonomi.

CLEAN GREEN AND HEALTHY berfungsi ekologis yang menjamin keberlanjutan suatu wilayah kota secara fisik harus merupakan suatu bentuk yang berlokasi, berukuran, dan berbentuk pasti dalam suatu wilayah kota fungsi ini merupakan perlindungan sumber daya penyangga kehidupan manusia dan untuk membangun jejaring habitat kehidupan liar, untuk fungsi-fungsi lainnya (Sosial, ekonomi, arsitektural) merupakan pendukung dan penambah nilai kualitas lingkungan RT 45 kelurahan sepinggan, sehingga dapat berlokasi dan berbentuk sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya,.
Manfaat CLEAN GREEN AND HEALTHY RT 45 berdasarkan fungsinya dibagi atas :
a.    Manfaat langsung (dalam pengertian cepat) seperti mendapatkan bahan-bahan kenyamanan fisik  teduh dan segar
b.    Manfaat tidak langsung (berjangka panjang) seperti perlindungan tata air dan konservasi hayati atau keanekaragaman hayati.

D.   Pola dan Struktur Fungsional

Pola CLEAN GREEN AND HEALTHY RT 45 merupakan struktur  yang ditentukan oleh hubungan fungsional (ekologis, social, ekonomi, arsitektural) antar komponen pembentuknya. Pola CLEAN GREEN AND HEALTHY terdiri dari :

1.    CLEAN GREEN AND HEALTHY structural
CLEAN GREEN AND HEALTHY structural RT 45 merupakan pola yang dibangun oleh hubungan fungsional antar komponen pembentuknya yang mempunyai pola hierarki planologis yang bersifat antroposentris. tipe ini didominasi oleh fungsi-fungsi non ekologis dengan struktur binaan yang berhirarki. Contohnya adalah struktur CLEAN GREEN AND HEALTHY berdasarkan fungsi social dalam melayani kebutuhan rekreasi luar ruang (outdoor recreation) penduduk perkotaan seperti yang diperlihatkan dalam urutan hierarkial system pertamanan RT 45 kelurahan sepinggan yang dimulai dari taman disekitar rumah warga, taman lingkungan, taman kelurahan sepinggan.

2.    CLEAN GREEN AND HEALTHY non structural
CLEAN GREEN AND HEALTHY structural RT 45 merupakan pola CLEAN GREEN AND HEALTHY yang dibangun oleh hubungan fungsional antar komponen pembentuknya yang umumnya tidak mengikuti pola hierarki planologis karena bersifat ekosentris. Clean Green and Healthy tipe ini memiliki fungsi ekologis yang sangat dominan dengan struktur alami yang tidak berhierarki. Contohnya adalah struktur Clean Green and Healthy yang dibentuk oleh konfigurasi ekologis bentang alam perkotaan tersebut, seperti  kawasan lindung, perbukitan yang terjal dan pesisir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: