RSS

Profile RT.045



PROFILE
RT 045 


Clean Green and Healthy

Kelurahan Sepinggan
Kecamatan Balikpapan Selatan

Website RT 45 : Sepinggan045.blogspot.com
Sekilas tentang RT 045 Sepinggan


Balikpapan. Bila anda mencari kata kunci kota ini melalui search engine bernama “google” maka prestasi segudang berkenaan kota bersih nan sehat di Indonesia akan muncul di halaman pencarian anda.
Yap. Balikpapan yang dikenal dengan sebutan kota minyak ini telah belasan kali meraup penghargaan seputar kota bersih di Indonesia. Bahkan kota yang memiliki motto “kubangun, kujaga, kubela”" berhasil nangkring di urutan kedua sebagai kota terbersih tingkat The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) setelah kota Phitnasulok, Thailand.
Budaya bersih dengan berwawasan lingkungan telah menjadikan ciri khas dari masyarakat Balikpapan dengan program Pemerintah kotanya, yakni Green, Clean, and Healthy. Sebagai orang yang lama dibesarkan disini saya turut bangga kepada Balikpapan.
Mengherankan memang, ketika kota-kota lain di Indonesia diberitakan oleh media massa tentang keburukan-keburukan masyarakat atau pemerintahnya, justru Balikpapan mendapat perhatian bagus bagi media nasional yang ingin mengisi rubrik news-nya.
Seperti dilansir melalui kompas.com, 7 Juni 2013, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akhirnya merebut Adipura Kencana tahun 2013, sesuai target yang pernah dicanangkan. Penghargaan di bidang kebersihan itu diraih Balikpapan yang masuk kategori kota besar.
Sedangkan wilayah RT kami terletak di kawasan kelurahan Sepinggan kecamatan Balikpapan Selatan. Wilayah RT 45 Sepinggan di bagian utara berbatasan dengan RT 44, bagian Timur berbatasan dengan bukit, bagian Selatan berbatasan dengan RT 43 dan bagian Barat berbatasan dengan RT 41 dan 42.
Dengan jumlah penduduk hampir 200 jiwa dengan jumlah KK +- 68 orang wilayah RT 45 Sepinggan terlihat padat. Apalgi posisinya yang diapit oleh RT-RT lain.
Ketua RT pertama adalah Bp. Rif’an Zaki yang menjabat kurang lebih 3 tahun atau 1 periode. Kemudian dilanjutkan oleh Bp. Saibu Ebentale yang hanya menjabat selama 6 bulan, dikarenakan beliau sakit sehingga mengundurkan diri dari jabatannya dan masa jabatannya dilanjutkan oleh Bp. Sugeng Raharjo yang menjabat selama 2.5  tahun. Kemudian digantikan oleh Bp. Dhedy Satriansyah dengan masa jabatan 2 periode.
Dan dalam masa pimpinan Bp. Dhedy Satriansyah pernah mendapatkan penghargaan atas prestasi yang diraih dalam lomba bidang administrasi RT tingkat kelurahan dan berhasil meraih juara 3 kemudian di tingkat Kecamatan meraih urutan ke 11.
Setelah kepemimpinan Bp. Dhedy Satriansyah  selesai, dilanjutkan oleh Bp. Wagito. Tapi beliau ini hanya menjabat satu periode. Setelah satu periode kepemimpinan Bp. Wagito selesai maka beliau diganti. Dan yang mengganti adalah Bp. Bambang Edi.
Dalam kepemimpinan Bp. Bambang Edi terlihat kemajuan yang berarti bagi wilayah RT 45. Dalam masa kepemimpinannya, Bp.Bambang Edi  disegani karena factor kepemimpinannya yang mampu membawa perubahan dan mengayomi warganya dengan gaya kepemimpinan yang demokratis.
Belum genap 6 bulan masa jabatannya RT 45 Sepinggan sudah berhasil meraih juara 2 lomba CGH di tingkat Kelurahan Sepinggan dan berhasil masuk sepuluh besar di urutan ke 9 untuk lomba yang sama di tingkat Kecamatan Balikpapan Selatan.
Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh warga RT 45 dan juga peran serta Ketua RT 45 yaitu Bp. Bambang Edi kami berhasil meraih Juara Terbaik III untuk tingkat Kota Madya Balikpapan untuk Kategori RT Berkembang dan berhasil membawa pulang dana pembinaan sebesar Rp. 25.000.000.-, bersamaan dengan itu RT kami juga memperoleh Juara untuk Predikat Yel-yel terbaik. 

Dengan Keberhasilan tersebut kami sebagai warga RT 45 ingin maju lagi ketingkat yang selanjutnya yaitu Kategori RT Maju, dengan syarat harus memiliki RT Binaan, Alhamdulillah kami sudah mendapatkan RT Binaan yaitu RT 42 yang masih berada dikawasan Sepinggan Asri. Untuk melaju ke Kategori itu kami sudah menyusun Program antara lain :
1.    Membuat Gapura Selamat Datang Di RT 45
2.    Membuat Taman Bacaan untuk anak-anak
3.    Membuat Kolam Ikan Lele
4.    Membuat Taman Anggrek
5.    Membuat Taman Lingkungan
6.    Membuat Kebun Toga dan Pembibitan (Lombok, terong, dll)
7.    Membenahi Lingkungan sekitar RT 45, termasuk didalamnya Membeli kursi plastik dan sound system untuk keperluan kegiatan RT 45.
Dana yang kami pergunakan berasal dari hasil Lomba RT Berkembang ditambah dengan sumbangan Warga RT 45, Alhamdulillah semua program sudah teralisasi berkat kerjasama dan peran serta seluruh warga RT 45.
Di wilayah RT 45 sendiri banyak masyarakat pendatang yang masuk,
Demikian sekilas sejarah dan profil RT 45 Sepinggan dengan sederet prestasi, permasalahan dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan RT 45. Penulis masih berharap banyak untuk informasi mengenai RT 45 sepinggan demi kesempurnaan isi profil RT 45 ini.
Motto  RT.45 :

JUM’AT BERSIH, SABTU HIJAU DAN MINGGU SEHAT






-Visi dan misi RT.45 Kelurahan Sepinggan
Kecamatan Balikpapan Selatan

  •  Visi : Menjadikan  lingkungan Warga yang tenteram, bersih  indah dan harmonis
  • Misi : Mempererat  kebersamaan Warga dan meningkatkan  kepedulian sosial lingkungan
  •  
Yel-yel RT 45 Sepinggan Pada saat menyambut kedatangan Walikota Balikpapan Bpk. Rizal Effendi

(Meminjam Nada Lagu Cari jodoh-nya Wali Band)

Apa ku fikir...apa yang aku buat....
Supaya RT-ku maju....
Banyak Pendukung ku
Yang memberi semangat
Supaya bersih dan sehat
Supaya....hijau....dan nyaman.....

                        Reff               
Ibu-ibu Bapak-bapak ayo kita gotong royong
Membersihkan lingkungan sekitarnya
Agar bersih dan sehat semuaaaa... warga
RT 45......

Timur ke barat selatan ke utara
Semua.... terlihat hijau....
Dari sampah basah... ku buat jadi kompos
Ku tabur....ketanaman ku....
Oh Tuhan.......Smoga kita menang...... (2x)

RT 45 .........Yes......yes......yes....


Yel-yel RT 45 Sepinggan Pada saat Lomba CGH untuk
Kategori RT Berkembang

Dulu RT ku bukanlah yang sekarang
Meminjam Nada lagu Tegar
 
Dulu tak kenal sekarang ku dikenal
Berkat lomba...lomba...lomba...CGH
Sekarang RT ku lebih maju...
            Kota ku Bersih...kota ku Indah
Meminjam Nada lagu Disini senang disana senang
 
            Itulah tempat ku dilahirkan....o...e..o...
            Kota ku Aman kota ku Nyaman
            Itulah tempat ku dibesarkan...
            La la la la la la la.........
Balikpapan...oh Balikpapan...
Bersih Hijau dan Sehat.....
Balikpapan...oh Balikpapan...
Meminjam Nada lagu Susis “Sule”
 
Ku bangun, ku Jaga dan ku Bela
            Oh Bapak walikota...
            Pak Rizal Effendi...
            Semoga sehat-sehat slalu...
            Memimpin kota Balikpapan
Ole...ole...ole...ole...ole...ole....
Meminjam Nada lagu Ole-ole
 
RT ku 45.... tempatku Papan lestari....
Ku yakin hari ini kita menang.....
Kalahkan... lawan mu.....ku yakin...pasti menang.....
Aaaamiiiiinnnnnn......
RT 45 .........Yes......yes......yes....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: